Rabu, 29 Juli 2009

Dream Theater





Dream Theater adalah grup musik terhebat di dunia ini sekarang. Dream theater merupakan band beraliran progresif metal. Band tersebut dibentuk oleh tiga murid sekolah musik The Berklee College of Music pada 1985. Yakni,
John Myung (bas), Mike Portnoy (drum), dan John Petrucci (gitar). Kevin Moore, teman SMA Petrucci's direkrut mereka untuk memainkan keyboard dan Chris Collins sebagai vokalis.

Sejak dibentuk pada 21 tahun lalu, mereka menjadi salah satu band metal progresif yang sukses, tepatnya pada 1970-an, meski keberadaannya belum begitu kuat di antara aliran musik pop dan rock saat itu.
Dua album mereka memperoleh penjualan tertinggi. Yakni, Image’s and Word (1992) dan Octavarium (2005). Kedua album tersebut memperoleh penghargaan gold record dan tetap dihormati sebagai album metal progresif. Album tersebut, meski hanya menduduki peringkat ke-61 (Image’s and Word) dan peringkat ke-36 (Octavarium) tangga lagu Billboard 200 Charts.

Musik band tersebut dikenal sangat bagus. Terutama masing-masing personelnya dalam memainkan alat musik. Karena itu, memenangi banyak penghargaan dari majalah musik. Mereka sangat dihormati oleh musisi besar rock dan metal. Anggota band tersebut juga sering berkolaborasi dengan musisi besar lain. Misalnya, John Petrucci menjadi salah satu gitaris dalam kolaborasi G3 bersama joe satriani dan Setve Vai. Hal itu mengikuti langkah Eric Jhonson, Robert Fripp, Yngwie Malmsteen, dan gitaris berpengaruh lainnya dalam G3 sebelumnya.

Dream Theater juga tercatat sebagai band yang beraliran sangat unik. Dengan skill masing-masing personelnya yang mumpuni, mereka mampu menggabungkan beberapa genre musik yang berbeda hingga menjadi suatu aliran musik yang benar-benar baru dalam kancah rock. Beberapa personelnya sering bergabung dalam konser grup-grup dan musisi besar seperti include Deep Purple, Emerson Lake and Palmer, Iron Maiden, Joe Satriani, King's X, Marillion, Megadeth, In Flames, Pain of Salvation, Porcupine Tree, Queensrÿche, Spock's Beard, Fear Factory, Symphony X, dan Yes. Pada 2005, dream Theater mengadakan tur konser bersama Megadeth. Tur yang diadakan di Amerika Utara tersebut berlabel Gigantour.

Personnel
Personel sekarang
James LaBrie - Vocals and percussion (1991 - present)
John Petrucci - Guitars and backing vocals (1985 - present)
Mike Portnoy - Drums, percussion and backing vocals (1985 - present)
John Myung - Bass and Chapman Stick (1985 - present)
Jordan Rudess - keyboards, lap steel guitar, and Continuum (1999 - present)

Mantan personel
Chris Collins - Vocals (1986)
Charlie Dominici - Vocals (1987- 1990)
Kevin Moore - Keyboards (1986-1994)
Derek Sherinian - Keyboards (1995-1999)

When Dream and Day Unite - Released March 6, 1989

Tidak ada komentar:

Posting Komentar